Pipa Pompa OD 22 MM & Pipa Pompa OD 25 MM

Pipa Pompa OD 22 MM & Pipa Pompa OD 25 MM

Apa perbedaan antara pipa pompa dengan OD 22 mm dengan pipa pompa yang OD 25 mm? Padahal sama-sama menggunakan pompa. Dan sama-sama meggunakan tenaga juga dalam memompanya? Memang pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh para pengguna senapan angin yang bingung dengan apa perbedaan dari pipa pompa dengan OD yang berbeda tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini saya disini akan membahas tentang pipa pompa pada senapan angin uklik. Tujuan dari ditulisnya artikel ini memang  untuk menjawab beberapa pertanyaan seperti diatas. Dengan membaca artikel ini sampai habis maka Anda akan menemukan jawabannya dengan sejelas mungkin.

Sekarang ini akan saya jawab dengan jelas perbedaan antara pipa pompa dengan OD 22 mm dan OD 25 mm.  Adapun beberapa perbedaan dari kedua pipa pompa tersebut adalah sebagai berikut ini :

Keunggulan pipa pompa OD 22 mm:

  • Ketika melakukan pompa akan terasa jauh lebih ringan
  • Bobot senapan angin jauh lebih ringan sehingga akan lebih mudah ketika melakukan bidikan tanpa harus menggunakan penyanggah senapan
  • Suara ledakan yang akan dihasilkan nantinya ketika melakukan tembakan akan jauh lebih kecil

Kelemahan Pipa OD 22 mm:

  • Untuk bisa mendapatkan power tembakan yang cukup besar maka harus melakukan pemompaan yang jauh lebih banyak

Keunggulan Pipa OD 25 mm:

  • Kita sudah tidak perlu lagi untuk melakukan pemopaan hingga beberapa kali untuk bisa mendapatkan power yang cukup besar
  • Dapat menghasilkan power tembakan yang jauh lebih besar

Kekurangan Pipa OD 25 mm:

  • Bobot dari senapan akan jauh lebih berat
  • Terasa sangat berat ketika melakukan pompa
  • Vibrasi atau getaran ketika melakukan tembakan akan lebih besar

Perbedaan yang telah saya tulis seperti diatas bukan berarti bahwa senapan angin pcp yang menggunakan pipa pompa OD 25 mm kurang bagus atau sangat sulit untuk dioperasikan, hanya saja akan jauh lebih berat ketika memompa.

Ini karena volume angin yang akan di lakukan pompa serta di mampatkan ke dalam tabung resevoir akan jauh lebih besar. Namun hal ini mampu untuk memberikan power yang jauh lebih besar tanpa perlu memompa beberapa kali, tetapi para pengguna harus sedikit berkorban tenaga dalam melakukan pompa.

Apabila dipikir lebih detail lagi sebenarnya hal tersebut tidak mempunyai perbedaan yang terlampau jauh, sebab dengan memilih pipa pompa dengan OD 22 mm maka kita akan membutuhkan jumlah pompaan yang sangat banyak.

Hal ini tentunya akan membutuhkan tenaga yang ekstra dan memakan banyak waktu ketika melakukan pompa. Namun jika menggunakan pipa pompa dengan OD 25 mm maka tidak akan membutuhkan banyak waktu tetapi untuk pemampatan angin atau udara ke dalam tabung recevoir sudah sangat cukup dalam menghasilkan power yang lumayan besar.

Namun untuk beberapa pertanyaan di atas sudah tidak akan berlakuk lagi jika senapan angin sudah di lakukan moifikasi pada bagian tabung resevoirnya. Maksud saya adalah apabila tabung resevoir yang dilakukan modifikasi jauh lebih pendek jika dibandingkan dengan ukuran standardnya maka senapan angin yang menggunakan pipa pompa dengan OD 22 mm pun hampir tidak berbeda sama sekali dengan senapan angin dengan pipa pompa yang OD 25 mm. Ini karena semakin kecil ruang tabung resevoir maka akan semakin cepat pula udara yang termampatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *