Atasi Hama Tikus Sawah

Atasi Hama Tikus Sawah

Siapa yang tak kenal dengan tikus sawah (Rattus argentiventer)?  Bagi kebanyakan orang mungkin hewan yang satu ini terkesan sangat menjijikkan dan jorok. Ada pula yang mengangap sangat mengerikan terutama bagi para petani.

Dalam sudut pandang pertanian, tikus merupakan salah satu hewan yang termasuk kategori hama yaitu hewan yang merusak. Memang sangat cocok jika dibilang hewan perusak karena hewan ini memang sangat merugikan petani.

Perlu Anda ketahui bahwa kerusakan pada tanaman padi akibat hama tikus sangat tinggi dalam setiap tahunnya. Serangan hama tikus pun selalu terjadi pada setiap fase pertumbuhan dan bahkan sejak saat di persemaian.

Maka dari itu, hama tikus ini dikategorikan sebagai hama paling utama bagi tanaman pangan seperti tanaman padi dan jagung. Cara yang paling tepat untuk mengatasi hal ini tentunya dengan cara atasi hama tikus sawah. Adapun cara atasi hama tikus sawah adalah sebagai berikut:

1. Pemagaran lahan, cara ini memiliki tujuan untuk mencegah tikus-tikus supaya tidak dapat masuk ke area lahan (termasuk juga lokasi semai). Tetapi pemasangan ini harus dilakukan sejak dini. Lakukan olah tanah dengan benar supaya lahan terbebas dari tikus yang mungkin saja bersembunyi.

2. Memasang alat pengusir, yaitu dengan menggunakan alat pengusir tikus elektronik yang bekerja dengan cara menghasilkan gelombang ultrasonik yang dapat memekakkan telinga tikus. Alat ini akan lebih tepat apabila diterapkan pada area lahan pertanian yang luas.

3. Memasang jebakan, dengan menggunakan alat jebakan tikus atau rat traps atau bisa juga dengan tanaman perangkap yang sudah dipasangi jebakan. Teknik jebakan yang satu ini juga dapat diterapkan dirumah. Namun jika diterapkan di sawah maka sudah pasti alatnya harus lebih banyak.

4. Menggunakan racun tikus, yaitu dengan menggunakan rodentisida yang berupa umpan racun lambung. Cara yang satu ini bisa dibilang sangat ampuh karena dengan racun tersebut maka dapat dipastikan tikus bisa cepat mati. Sedangkan untuk waktunya bisa ketika fase olah tanah.

baca juga : https://www.agrobibittanaman.com/

Categories: Uncategorized

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>